' HOME ' IBU DAN ANAK ' RUBLIK KELUARGA ' RESEP MASAKAN KONTES SEO KESEHATAN '

Wednesday, December 30, 2009

Tips Aman Memakai Kartu Kredit

Teman-teman semuanya, masalah keuangan memang menjadi hal yang cukup serius bagi sebuah rumah tangga. Untuk itu perlulah sebuah rencana keuangan yang matang, agar problema keuangan di keluarga anda bisa dihindari. Salah satu problema keuangan yang sering dihadapi baik dalam rumah tangga atau pribadi adalah masalah pemakaian kartu kredit. Mengapa bisa begitu ? Sekilas kalo kita lihat tujuan awal dari sebuah kartu kredit memang cukup baik, namun jika dalam pemakaian atau pemanfaatan kartu kredit tidak dengan bijaksana, maka hal itu akan menjadi sebuah bumerang bagi diri kita.

Nah, apakah kita tidak boleh mempunyai "kartu kredit"??? Ups..kesimpulannya bukan begitu !!! Tapi...dari setiap masalah yang terjadi dari pemakaian kartu kredit itu, perlu kita cari penyelesaiannya. Sebelumnya apa saja sih masalah akibat pemakaian dari kartu kredit ?. Secara umum, masalah pemakaian kartu kredit terjadi ketika seseorang yang mempunyai sifat boros atau suka berbelanja, menjadi tidak terkontrol dalam melakukan traksaksi pembelian, akibat dari kemudahan dalam melakukan transaksi oleh kartu kredit. Al hasil, pada bulan selanjutnya tagihan mereka menjadi membengkak. Apalagi jika tagihan melebihi dari batas penghasillan anda, akhirnya anda harus mempunyai hutang dengan pihak penyedia kartu kredit. Padahal beban bunga yang diberikan cukuplah tinggi. Terus bagaimana cara mengatasi hal itu...Yuk kita bahas satu satu disini.

Ketika kita memutuskan untuk memakai kartu kredit, maka ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan :
  1. Ketika anda melakukan transaksi, pastikan bahwa anda mempunyai penghasilan yang pasti untuk melunasi pembayaran kartu kredit pada bulan berikutnya. Sehingga jika tagihan itu datang anda bisa melakukan pembayaran.
  2. Jangan melakukan pembelian diatas kemampuan anda untuk membayar, karena jika hal ini terjadi kemungkinan besar anda akan memiliki hutang pada bank tersebut.
  3. Pastikan anda simpan jumlah transaksi yang anda lakukan untuk anda chek-kan dengan jumlah tagihan yang datang ketempat anda.
Nah itu tadi sekilas tentang pertimbangan-pertimbangan dalam pemakaian kartu kredit. Selanjutnya ada beberapa tips agar aman dalam memakai kartu kredit :
  1. Jika anda mengalami jumlah penagihan yang tidak sesuai dengan jumlah tarnsaksi, silahkan lapor ke bank penerbit kartu kredit anda. Jangan menunda untuk melakukan pengaduan, karena bank penerbit akan menutup pengaduan selama 45 hari sejak tanggal penagihan.
  2. Apabila setelah 45 hari sejak tanggal penagihan tidak ada pengaduan dari anda, maka pihak bank menganggap jumlah tagihan kartu kredit anda telah sesuai.
  3. Silahkan lakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera pada lembar penagihan.
Oke teman-teman..itu tadi beberapa tips aman dalam pemakaian kartu kredit. Semoga bisa menambah wawasan tentang kartu kredit sehingga kita bisa lebih bijak dalam pemakaian kartu kredit kita. Sampai ketemu di "info keluarga" lainnya yah......

tags : tips aman memakai kartu kredit

2 comments:

Related Posts with Thumbnails
 
Artikel Lomba Blog UII
Berita Terbaru
Blogroll
My Links
Tukar Link

Arsip Bulanan
Langganan Artikel