' HOME ' IBU DAN ANAK ' RUBLIK KELUARGA ' RESEP MASAKAN KONTES SEO KESEHATAN '

Thursday, April 29, 2010

Adakah Kaitannya??

Adakah kaitannya? Sebuah pertanyaan yang belum jelas maksudnya. Kelihatan aneh memang, tapi ini adalah salah satu awal kalimat yang saya ambil untuk mengaitkan antara Tanaman dengan Perguruan Tinggi Idaman. He..he...jauh sekali kelihatannya ya...Apa ada kaitannya antara tanaman dengan perguruan tinggi idaman?

Jika kita berbicara soal tanaman, ketika hendak menanam bibit tanaman tertentu, maka ada beberapa hal yang perlu sekali kita perhatikan.
  1. Apa jenis tanaman dari bibit yang akan ditanam. Apakah dia bisa tumbuh di lingkungan panas? atau kah dia hanya bisa tumbuh dilingkungan dingin? Apakah juga dia bisa tumbuh di daerah dataran tinggi? ataukah dia hanya bisa tumbuh di dataran rendah saja?
  2. Bagaimana kondisi tanah tempat kita menanam. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan bibit tanaman yang kita tanam? Sudahkan tanah yang akan kita pakai memiliki kandungan pupuk yang mencukupi?
  3. Apakah media yang kita pakai untuk menanam bibit tanaman, bisa membuat bibit tanaman tersebut produktif atau berbuah sesuai dengan jangka waktunya? 
Hal-hal yang ada diatas sangat penting sekali untuk diperhatikan, agar bibit tanaman yang kita tanam bisa tumbuh subur dan produktif. Itulah yang dinamakan tanah idaman, tempat yang nyaman untuk tumbuhnya bibit tanaman sehingga bisa mengantarkan sang bibit menjadi tanaman yang produktif.

Sekarang bagaimana dengan perguruan tinggi idaman? Jika kita kaitkan dengan tanah idaman, maka perguruan tinggi idaman memiliki faktor yang sama persis dengan tanah idaman. Sebuah perguruan tinggi idaman haruslah mampu menjadi media atau tanah yang bisa membuat para mahasiswanya tumbuh dan berkembang sehingga bisa menjadi mahasiswa-mahasiswa yang produktif. Ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan untuk mendefinisikan perguruan tinggi idaman:
  1. Perguruan tinggi idaman harus memiliki media pembelajaran yang tepat untuk calon mahasiswanya. Dan harus mampu menjadi perguruan tinggi terbaik dengan system pembelajaran yang kondusif sehingga bisa membuat mahasiswanya tumbuh dan berkembang.
  2. Sebuah perguruan tinggi idaman harus cukup dengan pupuk yang bisa membuat mahasiswanya produktif.
  3. Selain itu, perguruan tinggi idaman harus bisa menunjukkan ciri khas atau culture dari Universitas tersebut. Sehingga bagi calon mahasiswa baru bisa menyesuaikan dengan culture yang di miliki  Contoh : Universitas Islam Indonesia, jika dilihat dari namanya menunjukkan bahwa perguruan tinggi ini menjunjung tinggi syariat islam. Sehingga bagi calon mahasiswa bisa dengan mudah menempatkan dirinya untuk memilih kuliah di Universitas Islam Indonesia atau tidak.
Tumbuh dan berkembangnya seorang mahasiswa tidak 100% di handle oleh perguruan tinggi. Namun, perguruan tinggi tersebut harus memberikan fasilitas yang mendukung, sehingga antar mahasiswa akan saling mendorong untuk bisa tumbuh dan berkembang. Jika kita melihat sistem pendidikan di jepang, dimana pengajaran 15% bersumber dari dosen, sedangkan 85% berasal dari kakak angkatan, buku dan sumber informasi lainnya. Maka keberhasilan seorang mahasiswa tidak hanya didukung oleh pengajarnya, gedung universitas atau laboratoriumnya tapi  juga di dukung dengan lingkungannya.

Lingkungan merupakan syarat  penting untuk menjadi  perguruan tinggi idaman para mahasiswa-mahasiswi. Lingkungan yang penuh dengan hama tentu tidak akan membuat tanaman bisa tumbuh dengan baik. Begitu juga dengan perguruan tinggi idaman, lingkungan yang penuh dengan oknum-oknum perusak, dan budaya-budaya kotor  dapat merusak perkembangan para mahasiswanya. Lingkungan yang kondusif akan menciptakan suasana belajar yang kondusif pula, sehingga pertumbuhan para mahasiswa akan berjalan dengan sangat baik. Hasilnya, tentu akan muncul mahasiswa mahasiswa indonesia yang produktif.

Tidak semua perguruan tinggi favorit indonesia yang memiliki lingkungan yang kondusif. Untuk itu tidak semua perguruan tinggi favorit bisa disebut perguruan tinggi idaman. Nah..jadi syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk menjadi perguruan tinggi idaman:
  • Perguruan tinggi idaman harus menyediakan lingkungan yang kondusif untuk proses belajar para mahasiswanya
  • Perguruan tinggi idaman harus memiliki sarana dan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswanya.
  • Perguruan tinggi idaman harus   mampu mendorong mahasiswanya untuk bisa tumbuh dan produktif
Tiga syarat diatas harus dipenuhi oleh sebuah perguruan tinggi, sehingga bisa menjadikan perguruan tinggi tersebut menjadi perguruan tinggi yang terbaik dan idaman bagi calon-calon mahasiswanya. Semoga dengan artikel ini bisa menjadi wawasan bagi kita untuk mendefinisikan sebuah perguruan tinggi idaman

Terimakasih UII, dengan adanya lomba blog UII, bisa membuat para blogger bersemangat untuk menguraikan seperti apa Universitas Idaman itu. Sekali lagi terimakasih dan SALAM SEMANGAT.

5 comments:

  1. blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

    ReplyDelete
  2. UI merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia, sudah banyak mencetak orang2 yang sukses
    nice posting

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails
 
Artikel Lomba Blog UII
Berita Terbaru
Blogroll
My Links
Tukar Link

Arsip Bulanan
Langganan Artikel