' HOME ' IBU DAN ANAK ' RUBLIK KELUARGA ' RESEP MASAKAN KONTES SEO KESEHATAN '

Sunday, February 28, 2010

Membuat Manisan Jambu Biji

Membuat manisan jambu biji. Anda suka dengan manisan? Nah kali ini mari kita belajar cara membuat manisan. Buah yang akan kita buat menjadi manisan adalah jambu biji. Tentu sobat semua tidak asing dengan jambu biji. Dan pastinya, buah jambu biji mudah sekali untuk didapatkan. Nah..apa lagi kayak musim penghujan begini, rasa jambu biji terkesan kurang manis karena banyaknya asupan air yang masuk. Sehingga membuat manisan jambu biji akan menjadi alternatif yang cocok untuk memanfaatkan buah tersebut.

Apakah membuat manisan jambu biji itu sulit? Ternyata tidak sobat semua, langkah-langkahnya sangat simple dan mudah sekali untuk dikerjakan. Dan hasilnya...tentu nyummy sekali..he..he.. Yuka kita langsung aja bahas cara-cara membuat manisan jambu biji :

Cara Membuat Manisan Jambu Biji
a. Bahan
  1. Jambu biji (agak mentah) 1 kg.
  2. Air sebanyak 1 liter, dibubuhi ½ senduk the kapur.
  3. Gula pasir 500 gram.
  4. Air 400 ml.
  5. Cengkih 3 biji.
  6. Kayu manis sepanjang ± 5 cm.
  7. Perahan jeruk nipis 1 sendok teh.
  8. Garam secukupnya.
b. Cara membuat manisan
  • Jambu dikupas, dibuang bijinya, dan dipotong-potong sesuai dengan selera. Setelah itu, jambu direndam dalam larutan air kapur selama 2 jam, lalu dicuci bersih dan ditiriskan.
  • Gula dimasak bersama air hingga mengental; ditambahkan cengkih, kayu manis, perahan jeruk nipis, dan garam. Kemudian, larutan gula angkat dan didinginkan. Setelah larutan gula dingin, jambu biji dimasukkan dan biarkan selama semalam (± 12 jam ). Manisan jambu biji tersebut sebaiknya disimpan di dalam lemari es.
  • Manisan jambu biji dapat dinikmati bersama air perendamnya.
Nah..mudah sekali bukan...??? Menu satu ini cocok sekali di minum saat siang hari. rasanya pasti mak Nyusssss..... Oke lah..langsung aja sobat praktekkan cara membuat manisan jambu biji ini. Sampai ketemu lagi di resep kita lainnya.

4 comments:

Related Posts with Thumbnails
 
Artikel Lomba Blog UII
Berita Terbaru
Blogroll
My Links
Tukar Link

Arsip Bulanan
Langganan Artikel